Menjalin Rukun & Kompak melalui Sepedaan,,,

by generusjaktim2

اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَا تُهُ

Rukun adalah tobiat berhati bersih, tidak mempunyai uneg-uneg, prasangka jelek, dengki, srei, iri hati kepada sesamanya. Saling mengasihi, serta bantu membantu dalam kebaikan, tolong menolong, kuat memperkuat, saling mendo’akan yang baik, bersikap ramah terhadap sesama.®

Menjalin Kerukunan & Kekompakan dg bersepeda

Menjalin Kerukunan & Kekompakan dg bersepeda

Sedangkan kompak adalah tabiat berempati, berkorban guna meleburkan diri dan menyatu dengan komunitas untuk mencapai tujuan bersama.

 cantolan mbah man :  “HOLOBIS KUNTUL BARIS, SAK IYEK SAK EKO PROYO”

Lazimnya kompak akan berhasil diwujudkan bila didukung dengan rukun lebih dahulu. Dalam suasana tidak rukun sulit kiranya dilakukan kegiatan bersama yang seia sekata, bahkan bisa jadi rujak sentul siji ngalor siji ngidul menyimpang dari kesepakatan yang telah ditentukan. 

Kekompakan diperlukan dalam rangka membangun suatu iklim solidaritas, karena kekutan diantara orang-perorang tidak sama, sehingga saling membantu tanpa pamrih merupakan syarat tercapai keutuhan dari kemungikinan gangguan yang disebabkan intervensi eksternal/campur tangan pihak lain.


وَقَالَ اللهُ تَعَالَى : … وَتَعَاوَنُوا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوَى وَلَا تَعَاوَنُوا عَلَى الْإِثْمِ وَالْعُدْوَانِ … الأية * سورة المائداة أية ۲
“Alloh berfirman: Dan Tolong – Menolonglah kalian atas kebaikan dan Taqwa, Dan janganlah kalian Tolong – Menolong atas dosa dan permusuhan. [QS. Al Maidah Ayat 2]”
Sementara itu kompak dalam memperjuangkan agama Alloh merupakan thobi’at yang disenangi Alloh, sebagaimana firmanNya dalam Al-Qur`an :
إِنَّ اللهَ يُحِبُّ الَّذِيْنَ يُقَاتِلُوْنَ فِى سَبِيْلِه صَفًّا كَأَنَّهُمْ بُنْيَانٌ مَّرْصُوْصٌ * سورة الصف 4
Sesungguhnya Alloh mencintai orang-orang yang berjuang di jalanNya dengan berbaris, bagaikan bangunan yang tersusun kokoh.

“Sehubungan kemampuan perorangan dalam kebersamaan tidak sama, maka diperlukan  praktek kekompakan guna membangun solidaritas atau kesetiakawan dan kepedulian terhadap sesama khususnya bagi para generasi muda”. 

Seperti kalau ada yang sakit sama-sama dibesuk, kalau ada yang meninggal sama-sama dilayat, kalau ada yang  dluafa` yang rumahnya rusak sama-sama diperbaiki, kalau ada yang terancam keamanannya dan/atau teraniaya sama-sama dibela, dan sebaginya. Semua itu merupakan kegiatan-kegiatan yang menunjukkan kekompakan.

Dalam rangka memupuk kerukunan dan kekompakan, tidak ada salah untuk para generasi muda mengadakan acara-acara keakraban yang sifatnya saling mengenal, interakasi, sehingga kedepannya bisa diharapkan terwujudnya kerukunan dan kekompakan dikalangan generasi muda sendiri.
Photobucket

%d bloggers like this: