Evaluasi Generus Semester I

by generusjaktim2

Tidak terasa pengajian Generus angkatan XI telah kita lalui hampir 11 bulan (dimulai pembukaan di bulan Februari kan??), sudah banyak lembaran cerita yang kita lewati bersama baik dewan guru, mentor, dan pesertanya, tentunya hal ini menjadi warna-warni pengajian generus yang rasa-rasanya kenangan seperti tidak akan pernah bisa kita lupakan. Kita disini saling belajar, saling mengisi, saling berbagi, saling bersahabat, saling melengkapi, bahkan kita sudah seperti keluarga sendiri. Kurang lebih masih ada waktu satu bulan lagi sebelum evaluasi Generus semester I dilaksanakan diawal bulan Desember. Tetapi kemampuan para anak peserta masih dibawah standard yang diterapkan, terutama dalam hal bacaan dan hafalan. Bacaan adalah hal penting yang harus diperhatikan karena itu salah tolak ukur keberhasilan pembinaan generus, bisa dibayangkan kalau generus sampi gak bisa baca alqur’an (apalagi kalau baca alqur’annya seperti orang nge-rep)?? yang jelas sangat miris dan memprihatinkan sekali kalau sampai terjadi. Padahal telah bayak sekali metode yang dilakukan untuk mendongkrak agar bacaan para peserta ini menjadi lancar seperti memberi lembaran tajwid maupun dari ijtihdad yang ada seperti ”3 ayat perhari”. Yach, minimal panjang pendek dan tajwid saja lah..!!

Dari materi lain yang akan kita ujikan antara lain makna alquran dan hadistnya. Dirasa untuk kedua materi ini sudah tidak ada masalah karena untuk materi ini perlu sekali banyak latihan untuk dapat menyampaikan dengan sempurna. Dan pemangkulan maknanya pun dapat dilakukan privat oleh mubaligh/mubalighot setempat.
Maka dari itu, dipersiapkan yach dirinya untuk ujian semester 1 nanti…!!
So, Buat siswa Generus supaya bisa lebih mempersungguh lagi ya, buat tugas-tugas yang telah diberikan supaya dilaksanakan dengan baik dan sak pol kemampuan masing, supaya target yang diharapkan bisa dicapai bahkan diharapkan setelah ikut program generus ini para siswa bisa langsung lanjut mondok di Kediri untuk menjadi mubaligh/mubalighot. Aamin..!!! Insya Alloh, merupakan suatu kebanggaan bagi orang tua kalian kalau kalian siswa Generus bisa menjadi mubaligh/ghot, karena dengan menjadi mubalig/ghot akan mengangkat derajat orang tua kelak di akhirot serta mengangkat derajat dirinya sendiri. Seperti yang tertuang dalam surat al-mujadilah ayat 11. ”Alloh mengangkat derajat orang-orang yang beriman di antara kalian, dan orang-orang yang diberi ilmu (dari kalangan kalian), beberapa derajat. Dan (ingatlah), Alloh Maha Waspada tentang apa yang kalian lakukan”.
Kami menyadari bahwa para siswa Generus punya kesibukan masing2, baik itu masih sekolah, kuliah, kerja, dsb!!!. Sehingga memungkinkan tugas pokok  mencari ilmu agama menjadi keteteran. Tapi kami yakin hal tersebut bukanlah menjadi suatu alasan untuk malas-malasan menuntut ilmu, ingatlah firman Alloh SWT dalam Alqur’an surat Al An-kabut yang berbunyi : ”Wallazina jaahadu fiinaa lanahdiyannahum subulana”. Dan Sabda Nabi SAW : ”Man salaka toriiqon yaltamasu fiihi ‘ilman sahhalallohu lahu toriiqon ilal jannah”. HR, Ibnu Majah. Mbah Nur Hasan juga memberi nasehat cantolan yang berbunyi : ”Ribuan rintangan, jutaan pertolongan, milyaran kemenangan, surga pasti!!!..”Atau pepatah yang mengatakan : ”There is a will, there is a way”. Sudah barang tentu kata-kata tersebut diatas harus bisa memotivasi siswa generus untuk lebih “mempersungguh” dan ”menyempat-nyempatkan” waktu dalam urusan ibadah nya.
Sebagian orang merasa, kesibukannya dalam menuntut ilmu Alqur’an dan Hadits akan mengurangi kesempatan untuk belajar dan mencari maisyah nya. Namun sebenarnya justru dengan kesibukan dalam menuntut ilmu Alqur’an dan Hadits. Alloh mencurahkan banyak kebarokahan, baik terhadap dirinya maupun keluarganya.

Bahan Evaluasi

  1. Juz 29 (Makna dan Keterangan)
  2. Kitabussholah, Jihad dan Nawafil
  3. Hafalan surat pendek (Ad dhuha s/d Annas)
  4. Doa ASAD
  5. Asmaulhusna
  6. Dalil 5 Bab
  7. PR 13

Semoga Pembinaan Generus JT2 Alloh paring aman, selamat, lancar, barokah untuk perjuangan Alquran dan hadits ilaa yaumil qiyamah. Aamiin!!

Selamat berjuang...!!!

Photobucket

Kesan, Pesan, Harapan Peserta Generus XI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: