Sang Mentor Oh.. SAng MentoR…!!!!

by generusjaktim2

Apaan sih Mentor tu? (Makanan atau Makhluk pa ya..??). Menurut om Wikipedia; Mentoring Agama Islam adalah kegiatan pendidikan dan pembinaan agama islam dalam bentuk pengajian kelompok kecil yang diselenggarakan rutin tiap pekan dan berkelanjutan. Tiap kelompok pengajian terdiri atas 3-10 orang, dengan dibimbing oleh seorang pembina. Kegiatan sering disebut juga dengan Dakwah Sistem Langsung (DSL). Kegiatan ini bisa juga dijelaskan sebagai pembinaan agama melalui pendekatan kelompok sebaya.

Kegiatan ini dianggap menjadi salah satu metode pendekatan pembinaan agama dan moral yang efektif, karena cara dan bentuk pengajarannya yang berbeda dengan pendidikan agama secara formal di kelas-kelas sekolah. Di beberapa sekolah dan daerah, kegiatan ini terbukti dapat mencegah tawuran pelajar sekolah.

Pembina sebuah kelompok mentoring disebut mentor (bahasa Inggris: penasehat), sedangkan peserta mentoring disebut mentee (baca: mentii).

Let’s Cekidot!

Ya, di pengajian Generus XI ini kita ada mentor, kalo gk salah jumlah ada 12 orang, “Alhamdulillah, di zaman yg akhir ini masih ada pemuda/i yang mw mewaqafkan waktunya untuk mengurusi para generous, walaupun aku tahu kalian pada sibuk smw?”. Sebagai Mentor punya tanggung jawab lho? Utk mengurusi para generous asuhannya mulai dr Bacaan Qur’an, Mangkulan Hadist, Hafalan, Kehadiran, dsb, Prakteknya, generous yang terlibat akan dibagi ke dalam kelompok-kelompok kecil. Satu kelompok mentoring dipimpin oleh seorang pembimbing (mentor) yang merupakan alumni dari generous sebelumny. Mentor inilah yang nantinya akan melakukan pengawasan secara intensif kepada pesertanya. Intisarinya; dakwah kpd para generous untuk lebih baik di dalam urusannya ibadah. Nah lo? Berat kan tugas mentor..? Ngurusin anak orang. Hee. “Ngurusin diri sendiri aja kadang masih sulit ya?.”  By d’way. Semua -diniaati –karena- Alloh (llillahi Ta’ala) dan mengharap derajat setinggi-tiingginya di surga nanti. Mengutip Sabda Rosul SAW ;

Barang siapa dunia menjadi tujuannya, maka Alloh memecah-mecah urusannya dan menjadikan kemiskinan ada di depan matanya, dan dia tidak mendapatkan dunia kecuali yang telah ditetapkan baginya. Dan barang akhirat merupakan niatnya, maka Alloh menghimpun urusannya, menjadikan kecukupan ada di dalam hatinya dan dunia menghampirinya dan dunia itu sesuatu yang hina.”(HR.Ibnu Majah).

Kedepannya, dgn sistem mentor seperti ini, para Generous lebih mudah menerima Ilmu Agama secara mendetail, en kalo ada yg lewat, miss, ketinggalan bisa ditanya langusung kepada mentornya, Asyik kan?!. Insya Alloh akan dibantu semaksimal mungkin oleh mentornya. Harapan Mentor, Smg para generous tetap  terus ”SEMANGAT”  mengikuti pengajian sampi akhir,  Syukur bisa Menjadi Mubaligh/ghot. Amiin

عَنْ اَبِى سَعِيدِ الْخُدْرِي قَالَ سَمِعْتُ 

رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ

مَنْ رَأَى مِنْكُمْ مُنْكَرًا فَلْيُغَيِّرهُ بِيَدِهِ

فَاِنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَبِلِسَانِهِ فَاِنْ لَمْ يَسْتَطِعْ

فَبِقَلْبِهِ وَذَلِكَ اَضْعَفُ الاِيمَانِ

Daripada Abu Said al Khudri r.a. katanya :

Aku mendengar Rasulullah s.a.w. bersabda :

“Sesiapa dikalangan kamu yang melihat kemungkaran

maka hendaklah dia mencegah dengan tangannya

sekiranya dia tidak mampu hendaklah dia menegah

dengan lidahnya, sekiranya dia tidak mampu

maka dengan hatinya, dan itulah selemah-lemah iman”

Hadis sahih riwayat Muslim.

Duh..!! Mentor girl's nya Cuantik ya..?? for Mentor cowo gk usah dipajang cz gk sedap dilihat.he

Photobucket

Tags:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: