SABS… Baligu anni walaubilayah

by generusjaktim2

“Kondisi masa depan bangsa ini tergambar dari pembinaan generasi muda saat ini. Kelalaian membina generasi muda akan berakibat semakin pudarnya  nilai-nilai agama di masa depan”.

Tidak terasa kegiatan belajar mengajar di SABS angkatan I telah kita lalui hampir 7 bulan, sudah banyak lembaran cerita yang kita lewati bersama baik pengurus, ustadz, guru, staff, dan siswanya, tentunya hal ini menjadi warna-warni kegiatan belajar di SABS.

We Proud Jihad Fiisabilillah…

Banyak kegiatan positif yang sudah dilakukan oleh siswa/i SABS selain kegiatan tetap ekstrakulikuler dan Studium General setiap bulan. Berikut jamaah yg pernah mengisi Studium General di SABS:

  1. Bapak Abdul Aziz Sulthon Aulia, pada saat ramah tamah dengan orang tua siswa.
  2. Bapak H. Musanif dirut PP sekaligus donator beberapa siswa asuh SABS.
  3. Cak Emir, imam daerah Australia.
  4. Brigjen Sriyono, wagub AKPOL , motivator.
  5. Brigjen Agus (purn) ketua Persinas
  6. Pak Hajar, direktur PP Jakarta sekaligus motivator handal.

 

  1. Hj. Endang Trihastuti, caleg untuk wilayah Bekasi, psikolog. Memaparkan tentang pentingnya mengenal diri. Dengan mengenal diri berarti kita juga dapat mengenal orang lain dengan baik. menjadi tahu akan kekurangan serta kekuatan diri kita. Dengan demikian, kita akan lebih mudah untuk memperbaiki setiap kekurangan diri kita sekaligus mengoptimalkan kekuatan di dalam diri kita. Manfaat yang didapat siswa/i SABS yaitu dapat memperbaiki setiap kekurangan diri sekaligus mengoptimalkan kekuatan di dalam diri. Dan dapat dengan mudah membangun komunikasi dengan orang lain.

 

  1. Mas Redy, pemuda jamaah yang sukses bisa melanjutkan sekolah hingga ke jenjang S3. Mas Redy memotivasi siswa/i SABS menjadi pemuda yang unik; melangkah merajut sukses diri. Dengan pembawaan yang santai, Mas Redy berhasil memotivasi siswa/i SABS untuk tambah semangat dalam belajar dan pantang menyerah menggapai cita-cita. Dalam kutipannya Mas redy mengatakan “Kesuksesan adalah suatu perjalanan yang menciptakan nilai tambah untuk diri sendiri dan masyarakat sekitar dalam rangka menuju kehidupan bahagia di alam setelah dunia”

 

  1. Mam Iman, pemuda jamaah yang kreatif dan perduli bangsa, pendiri Indonesia Future Leader

 

 

  1. Cak Naryo penerobos pusat yang sangat bersemangat walau baru sembuh sakit. Beliau selaku pelaku sejarah memberikan nasehat agama tentang pentingnya mengaji Quran dan Hadist serta strategi dan perjuangan ulama-ulama LDII dalam menyebarkan ilmu Quran dan Hadist. Siswa/i SABS menjadi tambah semangat dalam berjuang melestarika Quran dan Hadist. Beliau juga menekankan pentingnya mencetak Generasi Profesional Religius : Jujur, Amanah, Mujhid-Muzhid, Rukun, Kompak, Kejasama yang baik

 

  1. Pak Bashori penerobos pusat yang consentrasi kepada pendidikan
  1. Kegiatam Kemubalighan

Kemubalighan di SABS mempunyai dewan pakar tetap yaitu Syeh Cholil, Abdul fathah yang menyempatkan diri setiap bulan untuk membina SABS.

  1. Penyampaian makalah CAI yang disampaikan oleh siswa-siswi SABS yg dilakukan di Mega Mendung selama 3 hari. Sebelumnya 6 siswa-siswi SABS mengikuti penyampaian makalah CAI dengan Jaktim 3.
  2. Sudah ada siswa yang hafal jus 30 dan beberapa akan menyusul karena masih kurang beberapa surat.
  3. Kegiatan doa malam dan sholat malam makin meningkat.
  4. Beberapa siswa rajin sholat khifdzi.
  5. Anak yang semula kurang lancar ngaji sudah mempunyai kesadaran ngaji ditandai dengan makin meningkatnya siswa/I yg puasa senin kamis bahkan puasa nabi DAud.
  6. Anak-anak yang semula bermasalah secara perlahan menuju perubahan positif dari ketertiban ibadahnya dan lebih santun. Walau sesekali “kumat” juga. Pada awal masuk SABS rata2 siswa tidak pernah beramal sholeh di rumah dan kami berhasil setelah sekian lama akhirnya mereka mau membersihkan aula dan kamar masing2 dengan senang hati.

 

  1. Kegiatan Sekolah
  1. 35% murid SABS tadinya menganggap pendidikan dunia tidak penting sehingga mereka malas sekolah dan pada akhirnya hasil semester 1 hanya 5% siswa yang masih perlu bimbingan inten.
  2. Untuk membatu siswa-siswi yang masih tertinggal guru melakukan remedial sampai target minimal tercapai, sehingga tidak terjadi menambahan nilai gratis. Bahkan kadang remedial bias dilakukan lebih dari 5 kali.
  3. Dalam pengembangan bakat, sebelum menentukan pilihan ekskul, SABS mengadakan kegiatan EXPO EKSKUL agar siswa tidak salah pilih.

Tujuan adanya ekskul di SABS untuk membantu megembangkan kebutuhan, potensi, bakat, dan minat mereka melalui kegiatan yang secara khusus diselenggarakan oleh pendidik dan atau pelatih yang berkemampuan dibidangnya masing-masing. Adapun ekskul yang ada di SABS antara lain:

  1. Ekskul Pramuka, Siswa/i SABS mendapat manfaat diantaranya pembinaan kepemimpinan, kemandirian, kesederhanaan, dan kedisiplinan.
  2. Ekskul KIR, Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan sikap ilmiah, kejujuran dalam gejala alam yang ditemui dalam dengan kepekaan yang tinggi berdasarkan metode yang sistematis, objektif, rasional, dan berprosedur. Siswa/i SABS mendapat manfaat Sehingga kegiatan tersebut dapat memberikan mengembangkan kompetensi diri dalam kehidupan.
  3. Ekskul PASKIBRA, Siswa/i SABS dapat menjadi petugas upacara, seperti upacara bendera rutin. Namun, tak berarti mereka hanya bisa berjalan tegap dan seirama bersama anggota Paskibraka lainnya. Siswa/i SABS juga diajarkan kompak dan disiplin.
  4. Ekskul Cooking Club, Siswa/i SABS diajarkan dasar-dasar tentang tehnik memasak, Memasak juga memiliki manfaat dari segi ekonomi, dengan memasak siswa/i bisa lebih hemat sehingga uang yang harusnya anda gunakan untuk membeli makanan bisa anda alokasikan untuk tabungan atau keperluan lainnya. Memasak juga dapat menjadi mata pencarian siswa/i dimasa yang akan datang. Dengan belajar terus menerus mengenai cara-cara dan resep masak, maka siswa/i bisa menjadi ahli masak yang mampu membuka bisnis kuliner.
  5. Ekskul fotografi. Siswa/i SABS diajarkan tentang kamera SLR (Single Lense Reflex) dan DSLR (Digital Single Lense Reflex) dan teknik-teknik dalam fotografi. Siswa/i sudah bisa hunting foto. Setelah hunting foto siswa dan siswi memberikan hasil hunting itu untuk dibuat pameran atau diikut sertakan dalam perlombaan.
  6. Ekskul Broadcasting. Siswa/i SABS dikenalkan dunia penyiaran, sehingga diharapkan kedepannya mereka telah mempunyai cita-cita atau minat ke arah dunia broadcast. Di ekskul Broadcasting, anggota diajarkan materi diantaranya; ilmu komunikasi, jurnalistik, Penyiar Radio & TV, Perfilman.
  7. Ekskul english club. Tujuan dibentuknya English Club sebagai tempat berlatih untuk mengikuti persiapan lomba bahasa Inggris yang banyak diadakan. Diharapkan dengan berlatih secara teratur, maka siswa/i SABS yang mewakili ikut lomba akan lebih memiliki kompetensi dan kepercayaan diri. Disamping itu siswa/i SABS dapat berdakawah dengan menggunakan bahasa inggris.
  8. Ekskul Persinas, diharapkan siswa/i SABS dapat melestarikan ilmu dan seni bela diri pencak silat, yang berarti melestarikan budaya bangsa. Di samping siswa/i SABS dipersiapkan untuk ikut tanding (ikut turnamen).
  9. Ekskul futsal yang bertujuan untuk melatih dan mengarahkan minat siswa serta mengarahkan bakat siswa khususnya dibidang futsal, Kegiatan dengan pemanasan dengan berlari mengelilingi lapangan, dilanjutkan dengan melatih otot-otot agar tidak kaku ketika bermain.Melakukan operan, tendangan dan membuat strategi menjadi salah satu materi yang diberikan ketika ekskul futsal berlangsung. Siswa juga dilatih untuk mengikuti kompetisi yang ada disekolah lain atau turnamen.

 

 

 

  1. Beberapa perlombaan sudah diikuti oleh siswa-siswi SABS seperti lomba futsal, fotografi, dan Hijab syar’i.
  2. Pelatihan-pelatihan sudah banyak diikuti oleh beberapa siswa SABS seperti pelatihan Broadcast, jurnalistik, seminar tentang kedutaan Amerika di @America dan banyak siswa-siswi yg mendapat hadiah.
  3. LDKS di Lanud Halim kerjasama dengan TNI AU untuk latihan dasar kepemimpinan.
  4. Undangan seminan pendidikan di @America untuk seluruh siswa dan guru pada tanggal 3 Maret ini.
  1. Kegiatan Kewirausahaan
  1. Untuk memperkuat program kewirausahaan, SABS memiliki satu ruang expo untuk mempromosikan hasil usahanya. Barang yg dijual atau dipamerkan hanya boleh barang yang asli product siswa SABS.
  2. Beberapa siswa-siswi juga mengukuti Pelatihan budidaya kelinci di LPMJ Jakarta Timur.
  3. Saat ini juga SABS sudah mempersiapkan siswa-siswinya untuk mengikuti festival anak sholeh.
  1. Kegiatan UMUM

Banyak kegiatan yang berguna untuk pengembangan mental dan karakter siswa-siswi SABS, antara lain adalah

  1. Studium General Spesial di SGB Learning Centre atas kebaikan hati dari Bp. H. Musanif.
  2. Kegiatan GOES bersama pada hari libur dpt meningkatkan rukun kompak.
  3. Kegiatan City Tour ke kota Tua, masjid Istiqlal, Monas dan lainnya. Direncanakan city tour dilakukan 2x per semester. Hal ini penting untuk mengajak siswa belajar sambil bermain.
  4. Masak bersama atau sekedar bakar jagung di Asrama saat liburan pulang bagi siswa-siswi yang orang tuanya jauh sehingga tidak dapat pulang ke rumah.

Secara umum perkembangan anak2 semalin meningkat baik dalam ketertiban ibadah dan mengaji maupun dalam belajar akademik sekolah. Alhamdulillah kegiatan-kegiatan positif yang telah diberikan di SABS baik dalam koridor akademik umum dan kemubalighan juga kegiatan kreatifitas, kepemimpinan dan kemandirian telah secara perlahan namun pasti sudah terlihat hasilnya. Semula 50% siswa SABS masih terpaksa menimba ilmu di SABS, dan pada akhirnya 99% sudah merasa SABSlah tempat tepat bagi mereka.

Dan yang paling penting mereka merasa nyaman di SABS dari pada sebelum di SABS karena di SABSlah mereka lebih tertib ibadah dan ngajinya juga sekolahnya. Lucunya, siswa/i sekitar Jakarta pada saat jadwal pulang beberapa lebih senang tinggal di SABS. Alasannya mereka malas ibadah jika di rumah. Alhamdulillah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: