Dalil Mengaji

1. Inna Haadzaal ‘Ilma Diinun Fandhuruu ‘Amman Ta’khudzuuna Diinakum

Yang artinya: “Sesungguhnya ilmu adalah agama, maka perhatikanlah dari siapa kamu mengambil agamamu”. (HR. Muslim, juz 1 hal 11).

2. Fa’lam Annahuu Laa Ilaaha Illaallooh(u)

Yang artinya : “ Maka ketahuilah bahwa tidak ada Tuhan (yang berhak dan wajib disembah dengan sebenar-benarnya) selain Alloh…”. (QS. Muhammad, No. Surat : 47, Ayat: 19).

3. Tholabul ‘Ilmi Fariidhotun ‘Alaa Kulli Muslim(in)

Yang Artinya : “Mencari ilmu itu (hukumnya) wajib bagi setiap orang Islam”. (HR. Ibnu Majah Juz 1 Hal 81).

4. Wa Laa Taqfu Maa Laisa Laka Bihii ‘Ilm(un)

Yang artinya: “Dan janganlah kamu mengikuti/mengerjakan apa yang kamu tidak mempunyai ilmu pengetahuan tentangnya…dst”. (QS. Al-Isroo’, No. Surat: 17, Ayat: 36).

5. Al-‘Ilmu Qoblal Qouli Wal ‘Amal(i)

Yang artinya: “Ilmu diperlukan sebelum berbicara dan beramal”. (HR. Bukhori Juz 1 hal 25).

6. Al-‘Ilmu Tsalaatsatun Wa Maa Siwaa Dzaalika Fahuwa Fadhlun: Aayatun Muhkamatun, Au Sunnatun Qoo-imatun, Au Fariidhotun ‘Aadilatun

Yang artinya: “Ilmu itu ada tiga, dan yang selain itu hanya lebihan saja (mak: Ilmu Bantu), (adapun ketiga ilmu itu adalah: 1. Ayat yang menghukumi, yakni Al-Qur’an, dan 2. Sunnah yang tegak, yakni Al-Hadits, dan 3. Iilmu faro’idh (tata cara membagi harta pusaka/waris) yang adil”. (HR. Abi Daud, No. Hadits: 2499).

7. Taroktu fiikum Amroini Lantadhilluu Maa Tamssaktum Bihimaa Kitaabillaahi Wasunnatin Nabiyyih(i) Shollalloohu ‘Alaihi Wasallam

Yang artinya: “Telah aku tinggalkan kepada kalian dua perkara, kalian tidak akan sesat selama berpegang teguh pada keduanya,  yaitu Kitab Alloh (Al-Qur’an) dan Sunnah Nabi-Nya (Al-Hadits)”. (HR. Maalik Fii Muatho’).

8. Fa-in Tanaaza’tum fii Sya-in Farudduuhu Ilalloohi Warrosuuli Inkuntum Tu’minuuna Billaahi Walyaumil Aakhir(i)

Yang artinya: “Maka jika kamu berselisih faham/berlainan pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah ia kepada Alloh (Al-Qur’an) dan Rosul (Al-Hadits), jika kamu beriman dengan Alloh dan hari akhir”. (QS. An-Nisaa’, No. Surat: 4, Ayat: 59).

9. Man ‘Amila ‘Amalan Laisa ‘Alaihi Amrunaa Fahuwa Rodd(un)

Yang artinya: “Barangsiapa mengamalkan pada suatu amalan yang tidak ada (dasar) perkara (ajaran) kami atasnya, maka amalan tersebut ditolak”. (HR. Bukhori)

10. Laa Yazaalun Naasi Bikhoirin Maa Baqiyal Awwalu Hatta Yata’allamal Akhir(u), Fa-idzaa Halakal Awwalu Qobla Ayyata’allamal Akhiru Halakan Naas(i)

Yang artinya: “Manusia akan selalu dalam keadaan baik selama orang awal (generasi tua/ulama’ sepuh) masih tetap ada/hidup sehingga orang akhir (generasi muda) mau belajar (pada generasi tua tersebut), kalau orang awal telah mati sementara orang akhir belum belajar (padanya) maka (saat itulah manusia) rusak”. (HR. Thobrooni, No. Hadits 929).

11. Yaa Ayyuhan Naas(u), Innamal ‘Ilmu Bitta’allum(i), Walfiqhu Bittafaqquhi

Yang artinya: “Hai manusia, sesungguhnya ilmu bisa didapat dengan cara belajar, sedangkan kepahaman bisa didapat dengan cara berusaha paham”. (HR. Thobrooni).

12. Halaka Ummatii ‘Alaa Yaday Ughoilimatis Sufahaa-in

Yang artinya: “Umatku rusak ditangan pemuda yang bodoh”. (mak: generasi muda yang tidak memahami perkara dosa-fahala, halal-harom, manfa’at-madhorot, mahrom dan bukan mahrom, baik-buruk, dll. Menuruti hawa nafsu). (HR. Bukhori).

13. Al-Kayyisu Man Daana Nafsahu Wa ‘Amila Limaa Ba’dal Maut(i), Wal ‘Aajizu Man Atba’a Nafsahu Hawaahaa Watamanna ‘Alallooh(i)

Yang artinya: “Orang yang cerdas, ialah orang yang mengoreksi dirinya dan mengamalkan apa-apa untuk setelahnya mati, sedang orang yang lemah/bodoh ialah orang yang mengikutkan dirinya pada hawa nafsunya dan berangan-angan atas Alloh”. (HR. Tirmidzi Juz 4 Hal 638).

14. Asyaddun Naasi Hasrotan Yaumal Qiyaamati Rojulun Amkanahu Tholabul ‘Ilmi Fiddunyaa Falam Yathlubhu

Yang artinya: “Pada hari Kiamat kelak, manusia yang paling menyesal adalah seseorang yang mungkin sekali (mempunyai kesempatan) untuk mencari ilmu di dunia tapi ia tidak mau mencarinya”. (HR. Thobroni).

15. Innallooha Yubghidhu Kulla Ja’dhzoriyyin Jawwaadhzin Sakhkhoobin Fil Aswaaqi Jiifatin Billaili Himaarin Bin Nahaar(i)

Yang artinya: “Sesungguhnya Alloh murka kepada setiap orang yang keras hati lagi kasar, tukang bertengkar di pasar, membangkai di malam hari (tidur saja tidak mau sholat sunnah dan berdo’a), di siang hari seperti himar / kuda (suka pergi kemana-mana lalai ibadah), pandai di bidang duniawi, bodoh dalam urusan akherat”. (HR. Baihaqi).

16. Innahu Layastaghfiru Lil’alimi Man Fis Samaawaati Wa Man Fil Ardhi Hattal Hitaani Fil Maa-i

Yang artinya: “Bahwasannya orang yang di langit (malaikat) dan orang yang di bumi (orang-orang iman) sehingga ikan-ikan di lautan memintakan ampunan bagi orang ‘alim/berilmu”. (HR. Ibnu Majah juz 1 hal 87).

17. Idzaj Tama’al ‘Aalimu Wal ‘Aabidu ‘Alash Shiroothi, Qiila Lil ‘Aabid(i), “Udkhulil Jannata Watana’am Bi’ibaadatik(a), Waqiila Lil ‘Aalimi Qif Hunaa Fasyfa’ Liman Ahbabta Fa-innaka LaaTasyfa’u Li-ahadin Illaa Syuffi’ta Faqooma Maqoomal Anbiyaa-i

Yang artinya: “Ketika orang yang berilmu dan orang yang ahli beribadah telah berkumpul di atas jembatan shirothol mustaqiim, maka dikatakan pada orang yang ahli beribadah “Masuklah kamu ke surga dan nikmatilah (hasil) beribadahmu”, dan dikatakan pada orang yang ahli ilmu “Berhentilah disitu, lalu memberilah syafa’at pada orang yang kamu senangi! Sesungguhnya,  kamu tidak mensyafa’ati seseorang kecuali pasti kamu akan disyafa’ati (artinya: setiap orang yang disyafa’atinya pasti tertolong) terus ia berdiri pada tempat berdirinya para nabi”.

18. Yarfa’illaahul Ladziina Aamanuu Minkum Wal Ladziina Uutul ‘Ilma Darojaat(in), Walloohu Bimaa Ta’maluuna Khobiir(un)

Yang artinya: “Niscaya Alloh akan meninggikan orang-orang yang beriman di antara kamu sekalian dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Alloh Maha waspada terhadap apa yang kamu kerjakan”. (QS. Al-Mujaadilah, No. Surat: 58, Ayat: 11).

19. Tholabul ‘Ilmi Afdholu ‘Indalloohi Minash Sholaati Wash-shiyaami Wal Hajji Wal Jihaadi Fii Sabiilillaah(i)

Yang artinya: “Di sisi Alloh, menuntut ilmu lebih utama ketimbang sholat, puasa dan haji serta jihad/berjuang di jalan Alloh”. (HR. Ad-Dailami)

44 Responses to “Dalil Mengaji”

  1. Virtually all of the remarks on this blog page dont make sense.

  2. Jesus Christ theres lots of spammy feedback on this website. Have you ever believed about trying to eliminate them or installing a wordpress plugin?

  3. fairly helpful material, all round I imagine this is worthy of a bookmark, thanks

  4. This is often a excellent blog, would you be interested in going through an interview regarding just how you made it? If so e-mail me personally!

  5. This website is extremely cool. How did you make it ?

  6. How come you do not have your web site viewable in mobile format? Can not view anything in my iPhone.

  7. Is it alright to put part of this in my personal web site if I post a reference point to this web-site?

  8. Odd , this page turns up with a dark color to it, what color is the primary color on your web-site?

  9. If you dont mind, exactly where do you host your web site? I am hunting for a great web host and your blog appears to be fast and up all the time

  10. Do youve a spam concern on this website; I also am a blogger, and I was asking yourself your scenario; we now have made some nice methods and we are looking to trade options with other people, be positive to shoot me an e-mail if serious.

  11. How did you make your blog look this cool! Email me if you can and share your wisdom. !

  12. Cool post . Thank you for, commenting on my blog dude. I will message you soon! I didnt realise that.

  13. Have you given any kind of thought at all with translating your main site in to French? I know a several of translaters here which would certainly help you do it for no cost if you want to contact me personally.

  14. Do youve a spam issue on this website; I also am a blogger, and I was questioning your situation; weve got developed some good techniques and we are searching to exchange options with other people, be certain to shoot me an e-mail if serious.

  15. Wanted to drop a remark and let you know your Rss feed is not functioning today. I tried including it to my Google reader account and got nothing.

  16. Cool post . Cheers for, visiting this blog page dude. I shall message you soon. I didnt know that.

  17. This is really a fantastic website, would you be interested in making time for an interview regarding just how you designed it? If so e-mail me!

  18. You should really control the commentary here

  19. The design for your weblog is a tad off in Epiphany. Nevertheless I like your web site. I may have to use a normal browser just to enjoy it.

  20. Have you given any thought at all with translating your main web page in to Spanish? I know a small number of translaters here that would help you do it for no cost if you want to make contact with me personally.

  21. Could you email me with any pointers on how you made your site look this cool , Id be thankful.

  22. Is it fine to insert a portion of this on my personal web site if perhaps I publish a reference to this web page?

  23. Dude! This blog site is awesome. How did you make it look this good !?

  24. Awesome post . Thanks for, visiting this blog page man! I will message you some time. I didnt know that.

  25. It appears to me that this web site doesnt download in a Motorola Droid. Are other people having the exact same problem? I enjoy this website and dont want to have to miss it any time Im gone from my computer.

  26. After I open up your Rss feed it seems to be a lot of nonsense, is the problem on my part?

  27. Just to let you know your website looks a little bit strange in Safari on my pc using Linux .

  28. Virtually all of the responses on this particular web site dont make sense.

  29. I had been curious about if you ever thought of replacing the design of your site? It is very well written; I enjoy what you have got to state. But maybe you can create a little more in the way of content so people can connect to it better. You have got an awful lot of wording for only having one or two photographs. Maybe you could space it out better?

  30. How do you make a blog site look this awesome. Email me if you want and share your wisdom. Id be appreciative.

  31. Can you message me with some pointers about how you made this blog look this awesome , Id be appreciative!

  32. Wanted to drop a remark and let you know your Feed isnt functioning today. I tried including it to my Yahoo reader account and got nothing.

  33. This blog is pretty cool! How can I make one like this !

  34. How come you dont have your site viewable in wap format? cant see anything in my iPad.

  35. This website is pretty good! How can I make one like this !

  36. fairly helpful material, all round I picture this is worthy of a bookmark, thanks

  37. apa ada yg arab dalil mengajinya ?

  38. Geningan Para Sahabat Oge Teu Manqul Teu Kunanaon??

    (Ternyata Para Sahabat juga tidak manqul tidak apa-apa –Bahasa Sunda)

    Ckckckck…..

    Al-Khatib Al-Baghdadi rahimahullahu dalam Al-Kifayah,

    أَخْبَرَنَا الْحَسَنُ بْنُ أَبِي بَكْرِ بْنِ شَاذَانَ، أنا أَحْمَدُ بْنُ سَلْمَانَ الْفَقِيهُ النَّجَّادُ، ثنا إِسْمَاعِيلُ بْنُ إِسْحَاقَ، ثنا إِسْحَاقُ بْنُ مُحَمَّدٍ الْفَرْوِيُّ، ثنا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ عُمَرَ , عَنْ نَافِعٍ , عَنِ ابْنِ عُمَرَ , أَنَّهُ وَجَدَ فِي قَائِمِ سَيْفِ عُمَرَ بْنِ الْخَطَّابِ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ صَحِيفَةً فِيهَا: «لَيْسَ فِيمَا دُونَ خَمْسٍ مِنَ الْإِبِلِ صَدَقَةٌ , فَإِذَا كَانَتْ خَمْسًا فَفِيهَا شَاةٌ , وَفِي عَشْرٍ شَاتَانِ , وَفِي خَمْسَ عَشْرَةَ ثَلَاثُ شِيَاهٍ , وَفِي عِشْرِينَ أَرْبَعُ شِيَاهٍ , فَإِذَا بَلَغَتْ خَمْسًا وَعِشْرِينَ فَفِيهَا ابْنَةُ مَخَاضٍ , وَذَكَرَ الْحَدِيثَ بِطُولِهِ»

    Mengkhabarkan kepada kami Al-Hasan ibn Abu Bakr ibn Syadzan, beliau berkata : mengkhabarkan kepada kami Ahmad ibn Sulaiman An-Najad Al-Faqihi, beliau berkata, menceritakan kepada kami Ismail ibn Ishaq, beliau berkata, menceritakan kepada kami Ishaq ibn Muhammad Al-Farawi, beliau berkata, menceritakan kepada kami Abdullah ibn Umar dari Nafi dari Ibn Umar. Sesungguhnya beliau mendapatkan pada gagang pedang peninggalan Umar ibn Khattab radhiyallahu’anhu sebuah lembaran (tertulis didalamnya): “Tidak ada zakat di bawah lima unta, jika ada lima unta maka (zakatnya) satu kambing, pada sepuluh (zakatnya) dua kambing, pada lima belas (zakatnya) tiga kambing dan pada dua puluh (zakatnya) empat kambing. Apabila sampai dua puluh lima maka (zakatnya) anak unta yang umurnya masuk dua tahun. – beliau menyebutkan hadis dengan panjang- .

    Semisal atsar ini juga dinukil dari perbuatan Abu Bakar, Umar, Ali dan Aisyah –semoga Allah meridhoi mereka semuanya-.

    Pertama, dari perbuatan Abu Bakar radhiyallahu’anhu dan Umar radhiyallahu’anhu. Dikeluarkan oleh Abdurrazaq (no. 9887, 9905, 9963, 9977, 9997), Abu Dawud (no. 1568), Tirmidzi (no. 621) dan Ahmad (no. 4632),

    عَنْ سَالِمٍ عَنْ أَبِيهِ قَالَ كَتَبَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كِتَابَ الصَّدَقَةِ فَلَمْ يُخْرِجْهُ إِلَى عُمَّالِهِ حَتَّى قُبِضَ فَقَرَنَهُ بِسَيْفِهِ فَعَمِلَ بِهِ أَبُو بَكْرٍ حَتَّى قُبِضَ ثُمَّ عَمِلَ بِهِ عُمَرُ حَتَّى قُبِضَ فَكَانَ فِيهِ

    Dari Salim dari ayahnya, ia berkata; Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam telah menulis catatan mengenai zakat dan beliau tidak mengeluarkannya kepada para pegawainya hingga beliau meninggal. Beliau menyimpan catatan itu pada pedangnya. Kemudian beramal dengan catatan itu Abu Bakr hingga ia meninggal, kemudian dilaksanakan oleh Umar hingga ia meninggal. Catatan tersebut berisi …. (ini lafazh Abu Dawud).

    Dengan lafazh ini juga dalam Al-Amali karya Ibnu Janzawaih (no. 1392), Al-Hakim dalam Al-Mustadrak (no. 1443), dan Baihaqi (no. 7252).

    Kedua, dari Ali radhiyallahu’anhu. Dikeluarkan oleh Ibnu Abdil Barr (1/304) no. 393 –cet Darul Ibnu Al-Jauzi), disebutkan dalam Musnad Asy-Syafi’i (1/198 – cet Darul Kutub Al-Ilmiyah), Baihaqi dalam Sunan juga dari jalan Asy-Syafi’i (no. 15894), semuanya dari jalan Abi Ja’far Muhammad bin Ali dari Ali yang berkata:

    وُجِدَ فِي قَائِمِ سَيْفِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صَحِيفَةٌ فِيهَا مَكْتُوبٌ …

    “Aku menemukan dalam gagang pedang Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam sebuah tulisan didalamnya termaktub….” (ini lafazh Ibnu Abdil Barr).

    Ketiga, dari Aisyah radhiyallahu’anha. Dikeluarkan oleh Al-Mawardzi dalam As-Sunnah (no. 282 – Tahqiq Salim Ahmad As-Salafi), Abu Ya’la (8/198-199) no. 4757, Ad-Daruquthni dalam Sunan (3249), Al-Hakim dalam Al-Mustadrak (no. 8024), dan Baihaqi (no. 15896, 15915), Aisyah radhiyallahu’anha berkata,

    وُجِدَ فِي قَائِمِ سَيْفِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كِتَابَانِ فِي أَحَدِهِمَا

    “Aku menemukan dalam gagang pedang Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam dua buah surat dalam salah satu dari keduanya (tertulis)…” (ini lafazh Al-Mawardzi).

    Al-Hakim berkata, “Hadits ini shahih isnadnya dan mereka tidak mengeluarkannya”, Adz-Dzahabi berkata, “Shahih”. Disebutkan Al-Haitsami dalam Majma az-Zawaid (6/295), “Diriwayatkan oleh Abu Ya’la dan rijalnya shahih selain Malik bin Abi Ar-Rojul dan sungguh dia ditsiqahkan oleh Ibnu Hibban dan tidak didhaifkan oleh seorang pun”.

    Ieu sanes hiji-hiji na dalil, seueur dalil lain na ngeunaan batalna ilmu manqul, aduh kumaha atuh jokam?? (ini bukan satu-satunya dalil, banyak dalil lainnya mengenai batalnya ilmu manqul, aduh bagaimana dong jokam? –bahasa Sunda

Trackbacks

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: